Agustus 04, 2013

Tips Mudik bagi Pengguna Sepeda Motor

Mudik merupakan ritual wajib setiap tahun yang dilakukan masyarakat Indonesia untuk pulang kekampung halamannya. Tak jarang para pemudik rela menempuh perjalanan berjam-jam hanya untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Setidaknya dari data yang ada jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor setiap tahunnya mengalami peningkatan. Melakukan perjalanan Jauh di bulan ramadhan tidaklah mudah, apalagi melakukan perjalanan untuk mudik ketika anda tengah menjalankan ibadah puasa. Nah, berikut ini ada tips mudik bagi pengguna sepeda motor agar aman diperjalanan :


  1. Pastikan kondisi badan sehat. Lakukan pemanasan fisik dan persiapan mental/emosi.
  2. Gunakan perlengkapan standard (helm full/half face, sarung tangan, jaket berwarna terang)
  3. Siapkan perlengkapan standard (kunci pas/busi, tang, obeng min-plus, lap dan peta mudik(
  4. Masukkan dulu ke bengkel resmi, untuk pemeriksaan lengkap [bensin, fuel meter, aki, kelistrikan, oli, ban, trantai, rem, kebocoran oli, lampu, kaca spion dan klakson]
  5. Istirahat setiap 1-1,5 jam perjalanan. Cari tempat yang bersih untuk ISHOMA (pom bensin besar, warung fast food, dll) hindari warung yang terlalu laris [nyucinya sering kelupaan], jadi bagi-bagi rejeki ke warung yang kurang laris [tapi bersih dan murah]
  6. Cukup dua orang untuk satu sepeda motor, jangan memaksakan diri untuk mengajak anak kecil
  7. Berhenti jika ingin menerima telepon (HaPe)
  8. Tidak salah membawa jas hujan
  9. Saat jalan beriringan, jaga jarak aman dan hindari ngobrol dengan pengendara lain. Kalau nggak kepaksa, jangan nyalip deh (apalagi dari sisi kiri)
  10. Di jalan bergelombang, pakai posisi off roader [pantat diangkat sedikit, sehingga kaki ikut menjadi peredam kejut]
  11. Pastikan HaPe dalam kondisi full charge. Bila membawa beberapa HaPe, cukup salah satu atau salah dua yang dihidupkan. Bila dianggap perlu beli kartu perdana beberapa biji (dari beberapa operator), sehingga selalu dapat sinyal dimanapun berada. Jangan lupa bawa chargernya.
  12. Ini yang sulit; bawa barang secukupnya atau dengan box khusus belakang, disesuaikan dengan kemampuan motor atau risiko motor tak terkendali akan menimpa anda.
  13. Sabar dan jauhkan emosi sesaat, patuhi rambu-rambu lalin.
  14. Bawa ID Card (KTP, SIM, STNK) yang berlaku
  15. Berdoalah sebelum melakukan perjalanan.
  16. Bersyukur di setiap saat. 
Semoga beberapa tips diatas dapat menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda yang ingin melakukan perjaanan mudik menggunakan kendaraan bermotor. (*dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar