Februari 11, 2013

Perlengkapan Bikecamping

Perlengkapan sepeda
Sepeda yang di gunakan sebaiknya MTB rigid yang dilengkapi rak depan dan belakang. Gunakan, pannier di rak depan dan belakangtermasuk handlebar bag. Perlengkapan lainnya adalah multitools, kit untuk menambal ban (ban dalam, ban luar lipat, pompa, tire levers/bukaan ban, tiptop/penambal ban instan, jarum karung dan benangnya), bungee cord, bike computer/cyclometer, lampu depan dan belakang, pelumas (cair dan gemuk), cable ties/insulock, serta topi/helm. 

·     Perlengkapan camping
Diperlukan tenda untuk satu atau dua orang yang dilengkapi dengan teras dan cukup ruang untuk menyimpan barang-barang saat tidur. Atau bisa juga gunakan bivytent/flysheet untuk tenda darurat bila kondisi tempat bermalam tidak memungkinkan untuk mendirikan tenda.

·     Perlengkapan memasak
Kompor lapangan (trangia, atau kompor gas mini portable), sendok, bahan bakar

·     Makanan
Dapat dibeli diwarung/pasar/rumahmakan/minimarket disepanjang perjalanan. Tapi dari rumah dapat membawa teh , minuman isotonic, roti tawar, keju lembaran, selai kacang, madu, sari kurma, kopi instan dan buah-buahan yang bisa bertahan cukup lama diperjalanan. 

·     Pakaian
Pakaian dapat dibawa yang ringkas. Kadang diperlukan pakaian hangat untuk malam hari.

·     Pelindung sinar matahari
Topi yang nyaman dan kacamata anti ultraviolet

·     Pelindung hujan
Jas hujan yang ringan dengan penutup kepala berikut celananya

·     Penyerap keringat
Bandana, ikat kepala, handuk kecil, serta sunblock

·     Perlengkapan mandi

·     Sumber informasi dan komunikasi
Peta, buku panduan, jadwal, kantung besar dengan ziplock, alat tulis dengan buku catatan, jam tangan dengan alarm, telepon genggam, kamera, charger, baterei.

·     Alat P3K

·     Survival kit
Dapat berupa alat memancing, penutup telinga, peniti, jarum, dan benang jahit, sarung, korek api, celana pendek untuk renang, genlar, tali webbing, headlamp, dan pisau multifungsi. 

*komunitas bikepacker Indonesia/PR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar