April 15, 2012

Memotret Saat Berwisata


Berwisata memang menyenangkan. Bukan cuma bisa lepas dari rutinitas tapi juga menjanjikan pengalaman seru. Oleh karena itu, amat sayang jika perjalanan wisata yang dilakukan tidak diabadikan dalam sebuah foto. Bukan semata untuk mengingat kebahagiaan yang pernah dirasakan, tetapi juga akan memperkuat cerita ketika anda berbagi dengan teman dan kerabat.
Akan tetapi sebelum berangkat, ada baiknya anda memerhatikan hal-hal berikut agar tidak kerepotan dengan peralatan fotografi dan tetap mendapatkan hasil foto yang maksimal.
  1. Bawa barang seperlunya saja. anda tak perlu membawa semua lensa atau perlengkapan kamera lain yang dimiliki kalau sekiranya tidak dibutuhkan karena hanya akan menambah beban bawaan. Misalnya jika hendak landscape, tentu anda tidak perlu membawa lensa tele yang umumnya berat untuk dibawa kesana kemari, lebih baik membawa lensa wide saja.
  2. Ada baiknya untuk mempelajari lingkungan yang dituju terlebih dahulu agar paling tidak anda sudah mengetahui objek apasaja yang akan diabadikan. Dengan cara ini, memotret tentu menjadi lebih efisien. anda bisa mencari informasi dari rekan, majalah, atau internet tentang tempat yang akan dituju. atau bisa juga dari kartu pos yang menampilkan tempat yang bakal anda tuju.
  3. Ada baiknya memikirkan dengan matang cara menghasilkan foto yang bagus. Pertimbangan yang matang tentu juga dapat mendukung efisiensi, terutama bagi yang menggunakan kamera analog yang masih menggunakan film, bagi yang menggunakan kamera digital hal ini juga dapat dijadikan sebagai proses pembelajaran untuk selalu memikirkan dengan baik sebelum mengabadikan objek.
  4. Kalau anda yang masih menggunakan kamera analog, sangat dianjurkan untuk mencatat lokasi pemotretan, tanggal, jam, kondisi cahaya, kecepatan, dan bukaan jendela rana saat anda menekan tombol foto. Saat foto sudah dicetak, catatan tadi dapat menjadi bahan evaluasi sekiranya ada foto yang hasilnya kurang bagus.
  5. Jangan lupa membawa memori card secukupnya. 

Ref: fitur klasika, kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar